Deskripsi Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam Darussalam
Profil Lulusan Utama:
Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dan madrasah
Deskripsi Profil
- Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek moral, sosial, kultural,emosional, dan intelektual.
- Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang berkualitas.
- Mengembangkan kurikulum mata pelajaran PAI di sekolah dan mata pelajaran Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah.
- Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan efisien pada mata pelajaran yang diampu.
- Memanfaatkan keunggulan teknologi informasi dan komunikasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif.
- Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya dalam mata pelajaran PAI (Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI)
- Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi pembelajaran yang adil dan berimbang.
- Memanfaatkan hasil evaluasi untuk dijadikan feedback bagi peningkatan proses pembelajaran berikutnya.
- Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
- Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
- Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
- Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
- Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
- Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu.
- Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
- Mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.
Profil Lulusan Tambahan:
Peneliti bidang Pendidikan Agama Islam di sekolah, madrasah, dan pondok pesantren.
Deskripsi Profil
- Menguasai dengan baik metodologi penelitian pendidikan terutama dalam bidang pendidikan agama.
- Menguasai teknik pengolahan data penelitian (kualitatif-kuantitatif) dan melakukan penafsiran atau analisis atas data yang telah diolah.
- Mengikuti kecenderungan penelitian kontemporer dalam bidang pendidikan.
- Menerbitkan hasil penelitian ke dalam jurnal atau media penerbitan lainnya.
Profil Lulusan Tambahan:
Pengelola lembaga pendidikan Islam: sekolah, madrasah, dan pondok pesantren (community leader)
Deskripsi Profil
- Menguasai teori-teori kepemimpinan di tengah masyarakat termasuk dunia pendidikan.
- Memiliki kemampuan pengelolaan dan kepemimpinan lembaga pendidikan Islam.
- Berjiwa wirausaha: pantang menyerah, proaktif dalam persaingan, dan mampu menggali potensi keunggulan yang dapat dijadikan keuntungan bagi lembaga yang dipimpin.