Profil Lulusan Program Studi

Deskripsi Profil Lulusan Program Studi Pendidikan Agama Islam Darussalam

Profil Lulusan Utama:

Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) pada sekolah dan madrasah

Deskripsi Profil

  1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek moral, sosial, kultural,emosional, dan intelektual.
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang berkualitas.
  3. Mengembangkan kurikulum mata pelajaran PAI di sekolah dan mata pelajaran Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam di madrasah.
  4. Menyelenggarakan pembelajaran yang efektif dan efisien pada mata pelajaran yang diampu.
  5. Memanfaatkan keunggulan teknologi informasi dan komunikasi dalam menciptakan pembelajaran yang efektif.
  6. Memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengaktualisasikan kemampuannya dalam mata pelajaran PAI (Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI)
  7. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi pembelajaran yang adil dan berimbang.
  8. Memanfaatkan hasil evaluasi untuk dijadikan feedback bagi peningkatan proses pembelajaran berikutnya.
  9. Melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran.
  10. Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
  11. Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.
  12. Bersikap inklusif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif karena pertimbangan jenis kelamin, agama, ras, kondisi fisik, latar belakang keluarga, dan status sosial ekonomi.
  13. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.
  14. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/ bidang pengembangan yang diampu.
  15. Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif.
  16. Mengembangkan profesionalitas secara berkelanjutan.

 

Profil Lulusan Tambahan:

Peneliti bidang Pendidikan Agama Islam di sekolah, madrasah, dan pondok pesantren.

Deskripsi Profil

  1. Menguasai dengan baik metodologi penelitian pendidikan terutama dalam bidang pendidikan agama.
  2. Menguasai teknik pengolahan data penelitian (kualitatif-kuantitatif) dan melakukan penafsiran atau analisis atas data yang telah diolah.
  3. Mengikuti kecenderungan penelitian kontemporer dalam bidang pendidikan.
  4. Menerbitkan hasil penelitian ke dalam jurnal atau media penerbitan lainnya.

Profil Lulusan Tambahan:

Pengelola lembaga pendidikan Islam: sekolah, madrasah, dan pondok pesantren (community leader)

Deskripsi Profil

  1. Menguasai teori-teori kepemimpinan di tengah masyarakat termasuk dunia pendidikan.
  2. Memiliki kemampuan pengelolaan dan kepemimpinan lembaga pendidikan Islam.
  3. Berjiwa wirausaha: pantang menyerah, proaktif dalam persaingan, dan mampu menggali potensi keunggulan yang dapat dijadikan keuntungan bagi lembaga yang dipimpin.