Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi

1. Sikap dan Tata Nilai (S)

  • S-1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  • S-2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  • S-3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  • S-4 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  • S-5 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  • S-6 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  • S-7 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
  • S-8 Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik
  • S-9 Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon guru PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah).
  • S-10 Memiliki semangat juang, pantang menyerah, proaktif dalam persaingan, serta mampu mengenali keunggulan lembaga pendidikan tempat berkarya untuk dapat menjadi pemenang dalam persaingan.

 

2. Keterampilan Umum (KU)

  • KU-1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  • KU-2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur
  • KU-3 Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  • KU-4 Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  • KU-5 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  • KU-6 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
  • KU-7 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

3. Keterampilan Khusus (KK)

  • KK-1 Terampil dalam menerapkan teori-teori pendidikan (paedagogik) dan teori-teori pembelajaran pada mata pelajaran PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah)
  • KK-2 Terampil mengaplikasi teori psikologi perkembangan peserta didik dan psikologi belajar pada mata pelajaran PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah)
  • KK-3 Terampil menganalisis kurikulum mata pelajaran PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah)
  • KK-4 Terampil mendesain strategi pembelajaran dan pengelolaan kelas dalam pembelajaran PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah).
  • KK-5 Terampil mempersiapkan dan menerapkan media pembelajaran pada mata pelajaran PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah).
  • KK-6 Terampil merancang dan menerapkan evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah).
  • KK-7 Mampu melakukan penelitian dalam bidang PAI (di sekolah), Qur’an Hadits, Fiqih, Akidah Akhlak, dan SKI (di madrasah).
  • KK-8 Mampu mengaplikasikan konsep pengelolaan lembaga pendidikan Islam pada pendidikan tingkat dasar dan menengah.

4. Pengetahuan (P)

  • P-1 Menguasai pengetahuan tentang filsafat pancasila, kewarganegaraan, wawasan kebangsaan (nasionalisme) dan globalisasi
  • P-2 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam menyampaikan gagasan ilmiah secara lisan dan tertulis dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja
  • P-3 Menguasai pengetahuan dan langkah-langkah dalam mengembangkan pemikiran kritis, logis, kreatif, inovatif dan sistematis serta memiliki keingintahuan intelektual untuk memecahkan masalah pada tingkat individual dan kelompok dalam komunitas akademik dan non akademik
  • P-4 Menguasai pengetahuan dasar-dasar keislaman sebagai agama rahmatan lil ‘alamin
  • P-5 Menguasai secara mendalam karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran;
  • P-6 Menguasai landasan filosofis, yuridis, historis, sosiologis, kultural, psikologis, dan empiris dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  • P-7 Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan dan bimbingan sebagai bagian dari tugas pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  • P-8 Menguasai teori belajar dan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  • P-9 Menguasai strategi pembelajaran, bahan ajar, media pembelajaran dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran PAI;
  • P-10 Menguasai integrasi teknologi, pedagogi, muatan keilmuan dan/atau keahlian, serta komunikasi dalam pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam);
  • P-11 Menguasai konsep, metode keilmuan, substansi materi, struktur, dan pola pikir keilmuan PAI (Pendidikan Agama Islam);
  • P-12 Menguasai teori kewirausahaan dalam kerangka pengembangan pembelajaran PAI (Pendidikan Agama Islam) yang kreatif dan inovatif;
  • P-13 Menguasai teori kepemimpinan pendidikan untuk memposisikan dan mengembangkan PAI (Pendidikan Agama Islam) dalam pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah/madrasah